Home » » CARA BUDIDAYA BAYAM

CARA BUDIDAYA BAYAM


1.    Jenis-jenis Bayam
Bayam ada yang dibudidayakan dan ada pula yang tidak dibudidayakan. Bayam yang dapat dibudidayakan adalah bayam cabut atau bayam sekul. Kedua bayam yang dapat dibudidayakan itu ada yang berwarna merah 9bayam merah) dan ada yang hijau keputih-putihan (bayam putih). Selain itu, jenis bayam yang dapat dibudidayakan adalah bayam tahun. Jenis bayam ini ada yang menyebutnya sebagai bayam sekop atau bayam kakap.

Adapun bayam liar dan tidak dibudidayakan ada 2 jenis, yaitu bayam tanah dan bayam berduri. Kedua jenis bayam tersebut enak dimakan walaupun agak keras dan kasar.

2.    Cara Menanam Bayam
Tanaman bayam dapat ditanam di kebun atau di halaman rumah. Ini dikarenakan bayam dapat tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah. Bayam juga dapat tumbuh sepanjang tahun. Jadi, penanaman bayam tidak ditentukan oleh musim.

Bayam yang biasa ditanam di halaman rumah adalah jenis bayam tahun. Jika kamu mau menanam bayam njenis ini, waktu  yang baik adalah pada awal musim hujan dan awal musim kemarau.
Bayam dikembangbiakkan dengan bijinya. Untuk memperoleh bibit bayam, kamu harus menyemaikan dahulu benih bayam di persemaian. Biji-biji bayam hendaknya disemai di tempat yang tidak terlalu trsengat panas matahari. Biji-biji bayam disebar dengan hati-hati agar merata dan tidak menumpuk.

Setelah 3-5 hari, biji-biji bayam akan tumbuh. Setelah 2 minggu, setiap pagi kamu dapat menggerak-gerakkan bayammu dengan sapu lidi yang dipegang mendatar. Tujuannya, agar tanaman bayammu menjadi kuat dan cepat tumbuh. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah terbebas dari serangga perusak.

Setelah tinggi bayam mencapai 10 cm, pindahkan ke tempat penanaman. Kemudian, rawatlah bayammu agar tumbuh dengan baik. Jangan lupa, pupuklah bayammu agar tumbuhnya subur. Buang rumput-rumpt yang mengganggu. Setelah 1 bulan, kamu dapat memanen bayammu. Perlu diketahui, bayam memiliki banyak manfaat, antara lain memperbaiki daya kerja ginjal, memperlancar pencernaan, baik untuk masa peryumbuhan, dan untuk obat disentri (akar bayam merah).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts