Home » » CARA TERNAK ANIS MERAH

CARA TERNAK ANIS MERAH


Bagi para pecinta burung anis merah pastinya selalu bertanya-tanya bagaimana cara berternak anis merah atau bahkan ada yang berkata bisa tidak burung anis merah di tangkarkan atau di kembang biakkan di rumah? dengan ketekunan dan kejelian sebenarnya burung anis merah bisa di tangkarkan atau di budidayakan dengan kata lain di sini akan di bahas bagaimana cara menangkarkan anis merah tsb.
Jangan pernah anda memasukan dua anis merah dewasa dalam satu sangkar  ataupun kandang yang belim jodoh, yang pasti salah satunya akan mati di hajar burung yang lainnya. Berikut tips/ cara menangkarkan burung anis merah:
  • Pemilihan Indukan Yang Tepat
Anis Merah jantan mempunyai volume tebal/keras, kaki hitam, cukup umur yaitu sekitar 3 tahun; tidak cacat.
Untuk Anis Merah betina, cari yang kakinya pendek hitam, body bulat jangan yang kecil; beli yang sudah/sedang birahi (ngecir-ngecir kalau ketemu Anis Merah jantan).
  • Ukuran Untuk Kandang tempat Perkawinan
Ukuran PanjangxLebarxTinggi minimal 90×90×180 cm. Buatkan kotak untuk sarang yang didekatnya dikasih pintu yang memudahkan untuk mengontrolnya; wadah pakan kalau bisa jangan sampai dirambati semut; beri tenggeran; buatkan ventilasi dan kalau bisa dapat sinar matahari pagi; wadah air yang besar; beri dalamnya kuali fungsinya yaitu untuk memelihara cacing dan sekaligus pakan Anis Merah.
  • Menjodohkan Anis Merah
Dekatkan terus Anis Merah atau Burung Punglor yang akan jodohkan. Setelah sekitar seminggu, coba dimandikan bareng di karamba. Kalau masih tarung, berarti belum punya bakat berjodoh. Kalau sudah tidak tarung, coba jadikan dalam satu sangkar besar. Setelah itu bisa dipindahkan ke kandang penangkaran.
Masukan anis merah jantan kedalam kandang ternak dan betina di dalam sangkar dan di simpan didalam kandang ternak bersama anis jantan. kalau terlihat tidak pernah akur atau tidak ada tanda tanda berjodoh dalam seminggu saya sarankan untuk mengganti betinanya, terus ganti betinanya sampai ada yang jodoh.
Anis merah yang sudah jodoh akan melakukan perkawinanan dimana saja, bisa di kurung pemandian. Intinya adalah rolling betina sampai ditemukan yang bisa berjodoh.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts