Home » » CARA BUDIDAYA WORTEL

CARA BUDIDAYA WORTEL



1.    Ciri-ciri dan jenis-jenis wortel
Tanaman wortel atau di sebut juga bortel memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a.    Berbentuk rumput,
b.    Akar tunggangnya berupa umbi,
c.    Akar samping sedikit,
d.    Umbinya berbentuk bulat panjang dan langsing,
e.    Warna umbinya kuning kemerah-merahan.

Berdasarkan bentuknya, wortel dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut.
a.    Wortel dengan umbu bulat panjang dengan ujungnya runcing seperti kerucut. Wortel jenis ini disebut imperator. Tipe ini kurang disukai karena rasanya kurang manis.

b.    Wortel dengan umbu bulat panjang dengan ujungnya tumpul. Wortel jenis ini disebut chantenay.

c.    Wortel dengan ujung peralihan antara lain wortel imperator dan chantenay. Wortel jenis ini disebut nantes.

2.    Cara Menanam Wortel
Sebelum mengetahui cara menanam wortel, kamu tidak perlu menyemaikan benih wortel terlebih dahulu. Wortel dikembangbiakkan dengan biji. Biji tersebut langsung ditanam. Namun, seperti biasa, sebelum menanam wortel, kamu harus mencangkul tanahnya terlebih dahulu. 

Jika tanah diolah dengan baik, yaitu dengan mancangkulnya sedalam ± 40 cm, umbi wortelmu pasti bagus. Bentuk umbi wortel yang bagus ini biasanya panjang. Setelah dicangkul, tanah yang akan ditanami wortel itu diberi pupuk kandang atau kompos secukupnya. Namun, jika tanahnya subur,  kamu tidak perlu memupukinya. Kemudian, buatlah alur untuk diisi dengan biji wortel.

Agar tidak saling melekat, biji-biji wortel tersebut digosok-gosok terlebih dahulu dengan telapak tangan. Lalu, biji wortel ditaburkan dngan hati-harti di sepanjang alur yang sudah dibuat. Tutuplah alur itu dengan tanah, tipuis saja. Biji wortelmu itu akan tumbuh setelah 10 hari.

Jika bertanam wortel, kamu tidak akan kerepotan merawatnya. Selain member pupuk setelah berumur 1 bulan, untuk pemeliharaannya kamu cukup mencabuti rumput-rumput yang mengganggu tanaman wortelmu.

Setelah 3 bulan, kamu baru dapat menikmati hasil wortelmu. Perlu diketahui, jika lebih dari 3 bulan, kamu tidak segera memanennya, umbi wortel akan menjadi keras.

Manfaat wortel adalah baik untuk orang yang sedang sakit, dapat dijadikan sewbagai minuman segar, dapat dimasak menjadi sayur atau lalapan, dan dapat dijadikan sebagai pelengkap makanan bayi.s

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts